Selasa, 12 Mei 2015

Mau kerja kok harus bayar !!

    Mencari pekerjaan saat ini memang gak mudah, meskipun udah punya pendidikan yang tinggi itu gak jamin bisa dapat pekerjaan yang layak. Banyak sekali lulusan SMA/SMK yang ujung-ujungnya menjadi pengangguuran,gak cuma yang lulusan SMA/SMK bahkan yang udah jadi sarjana banyak yang nganggur. Aku udah pernah ngerasain gimana susahnya cari kerja, mulai dari mondar-mandir cari loker, sering di php.in perusahaan pokoknya sulit deh. Namun ada juga yang bersusah payah untuk mendapatkan pekerjaan di suatu tempat dengan membayar uang untuk bisa bekerja disana. Nah ini yang miris, seharusnya kalau kerja itu kita yang di bayar bukan kita yang membayar. 

            Ada juga yang dengan mudahnya mendapat pekerjaan karena ada kerabat yang kerja di kantor itu, ini gak adil kan. Mereka yang mempunyai keterampilan pas-pasan bisa dapat pekerjaan dengan mudah karena faktor keluarga. Sedangkan mereka yang mempunyai keterampilan yang bagus malah menjadi pengangguran. Kejadian ini banyak di temui di kantor-kantor pemerintahan seperti kelurahan, kecamatan, dll . Mereka merekrut pegawai tidak berdasarkan seleksi, namun ada orang dalam yang memanipulasinya. Bahkan ada yang rela membayar agar bisa bekerja di kantor tersebut, ada oknum-oknum yang meminta calon-calon pegawai untuk membayar sejumlah uang agar ia bisa di terima bekerja disana. Kejadian seperti ini yang membuat saya merasa kecewa dengan birokrasi di negeri ini. Kita cuma mau bekerja kenapa harus membayar, Jujur saya hanya bisa mengandalkan otak saya sebagai modal untuk mencari kerja. Dengan keterampilan yang saya punya berusaha untuk mendapat pekerjaan yang layak.

             Ayolah kenapa susah sekali untuk mendapat pekerjaan di kantor-kantor itu padahal saya lihat pegawai yang bekerja disana keterampilannya tidak lebih baik dari saya. Bukannya meremehkan namun ini kenyataan, untuk mendapat pekerjaan mereka hanya mengandalkan faktor keluarga dan suap-menyuap. Adakah perubahan sistem untuk merekrut pegawai yang jujur dan adil ?

             Kejadian ini gak cuma ada di kantor-kantor pemerintahan namun di kantor swasta pun sekarang juga ada kejadian seperti itu. Aku ini sudah mendengar cerita dari banyak orang tentang kejadian tersebut,aku cuma bisa terperangah karena aku sudah mengalami sendiri bagaimana susahnya cari kerja namun mereka dengan mudahnya mendapat pekerjaan dengan jalan yang tidak benar.

            Untuk semua orang yang membaca tulisanku ini " Jangan pernah bertindak tidak jujur dalam hal apapun" Bekerjalah dengan hasil susah payahmu dan sesuai dengan keterampilanmu. Jangan menjadi oknum yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan sesuatu. Bekerjalah untuk di bayar bukan membayar untuk bekerja !! salam Husnul :)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar