Sabtu, 05 September 2015

Kembali Muncul

          Suatu Ruangan kecil yang sederhana dengan deretan buku-buku yang tertata rapi di rak kayu, tercium bau khas dari buku-buku yang sedikit usang, suasana hening yang mendamaikan hati, Ku pandangi sekeliling ruangan ini hanya ada beberapa siswa dan penjaga buku. Tak banyak siswa yang ada di ruangan itu mungkin tak lebih dari 5 siswa. Setiap ada waktu aku selalu berkunjung ke tempat itu untuk membaca buku-buku disana, meskipun yang ku baca bukan buku-buku pelajaran sekolah. Aku lebih tertarik membaca novel-novel sastra yang sudah usang dan tua, karena aku merasa novel seperti ini lah ya membuat imajinasiku bermain, sangat berbeda dikalau aku membaca novel terbitan sekarang. Susunan kata yang indah, alur cerita yang menarik dan sajak-sajak khas melayu yang membuat aku jatuh cinta pada novel-novel tua itu. Ada perasaan rindu yang aku rasakan saat ini, rindu membaca buku-buku itu lagi. 
         Sebenarnya cerita di atas adalah cerita saat aku masih sekolah SMP dulu,kira-kira 5 tahun yang lalu. Dulu aku sangat suka membaca, sering berkunjung ke perpustakaan namun setelah beranjak ke SMA hobby itu perlahan pudar. Mungkin hanya sesekali aku membaca itupun hanya beberapa buku. Setelah aku mulai belajar di Universitas hobby itu mulai muncul kembali, entah apa yang membuat itu muncul kembali. Aku mulai kembali mengunjungi perpustakaan, mulai menghabiskan waktu berjam-jam untuk membaca buku. Ada rasa yang luar biasa ketika membaca sebuah buku, seolah diberikan pemasukan ilmu pengetahuan baru, hal-hal baru yang sebelumnya belum kita ketahui.... itu asik banget. Setelah membaca buku aku sadar kalau pengetahuanku masih belum luas, merasa semakin bodoh saja karena banyak hal-hal yang baru aku tahu dari buku-buku itu. Benar kata seorang temanku " Dengan membaca buku kita bisa tau kalau di dunia masih ada orang yang lebih cerdas dari kita". Buku mengajarkan kita bagaimana melihat dunia, bagaimana bersikap dalam hidup dan semua tentang dunia ini dapat dipelajari.
           Semacam bersyukur saja karena hobby itu kembali muncul dalam jiwaku. Dengan dorongan seorang teman yang mempunyai hobby yang sama kini muncullah kembali hobby lamaku itu. Banyak sekali pengalaman yang dia ceritakan padaku tentang perjalananya mengeluti hobby membaca. Masih teringat sekali saat aku mengambil tema "Reading Book make your Happy" dalam sebuah tugas presentasi dalam suatu mata kuliah. Disana lah aku menyadari bahwa manfaat besar dari membaca dan mulai saat itu aku bertekat untuk selalu membaca buku sampai kapanpun.....
    Hobby yang dulu sempat lenyap entah kemana..sekarang kembali lagi. Semakin banyak cerita yang aku dengar dari orang-orang hebat dan mereka selalu dengan bangga mengatakan bahwa mereka mempunyai hobby membaca. Aku semakin termotivasi dengan pengalaman-pengalaman mereka, sebagian besar tokoh besar di negeri ini suka membaca buku. Jadi jika aku ingin seperti mereka aku harus suka membaca seperti mereka. Now I know you will bring me golden knowledge,Book :) For someone " come on start reading !! "

    2 komentar: