Jumat, 11 September 2015

TIPS JADI MAHASISWA KEREN

           
    Anda Mahasiswa ? sudah jadi mahasiswa yang keren belum? Keren disini bukan di lihat dari penampilan saja loh ya... tapi keren dalam sudut pandang kepribadian dan pikiran. Banyak sekali saat ini mahasiswa yang hanya kuliah untuk sekedar mendapat gelar dan kesenangan. Ini berdampak pada keterampilan dan pola pikir mahasiswa sekarang yang kurang keren menurut saya. Asal lulus dapat gelar mereka sudah puas,padahal jika ingin menjadi mahasiswa yang keren itu harus sungguh dalam kuliah, setiap mata kuliah harus dipahami sepenuhnya , jangan lupa IPK kudu harus keren juga donk... Implementasi nilai-nilai yang diajarkan saat di kampus harus dilakukan di lingkungan sekitar agar memberikan manfaat pada lingkungan sekitar. Lantas bagaimana sih cara menjadi Mahasiswa yang keren itu ? Kemarin saya browsing dan ketemulah dengan artikel yang ada kompas.com , berikut ini adalah uraian agar kalian menjadi mahasiswa yang keren...
    1. Susun program hidup pribadi (PHP). Program hidup ini jangan dilihat sebagai watchdog yang selalu mengawasi kita sehingga kita menjadi kaku dan cemas terhadapnya. Fungsi aturan ialah memberikan kesadaran sebab aturan dibuat bukan untuk ditakuti tapi dinikmati. Kasian lho apabila PHP yang dibuat seringkali tidak dipatuhi. Kita mesti malu terhadap diri sendiri. Di sini, aspek kesadaran menjadi penting.
    2. Mulai dari pagi hari; jadwal bangun pagi kita sendiri bisa atur asalkan tidak telat tiba di ruang kuliah nanti. Namun, sebelum pergi kuliah, jangan lupa untuk sarapan. Sarapan itu wajib hukumnya. Intinya, perut harus diisi. Jangan melihat ini sebagai kesepelean.
    3. Seorang mahasiswa keren harus mengisi daftar kehadiran supaya tidak bermasalah dalam perkuliahan. Memang kadang ada mata kuliah yang tidak kita sukai, tetapi ingatlah bahwa poin presensi merupakan faktor penting bagi nyawa keberadaan kita di kampus. Bertanggung jawablah dengan kehadiran Anda. Hal ini sepele tetapi apabila diabaikan akan berdampak buruk.
    4. Jangan lupa belajar supaya bisa sukses dalam ujian. Setiap kita memiliki kemampuan intelektual tersendiri. Gaya belajar kita juga berbeda-beda. Jadi, kita harus realistis dan menerapkan gaya belajar masing-masing. Prinsipnya, ujian bisa lulus dan dapat nilai yang memuaskan.
    5. Mahasiswa keren itu harus banyak membaca. Goenawan Muhamad mengatakan, “Kemampuan membaca itu sebuah rahmat. Kegemaran membaca sebuah kebahagiaan.” Ingat, cerdas itu tak harus menghafal semua ilmu yang didapat di ruang kuliah tetapi lebih berarti pada memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas. Kurangi waktu nonton dan waktu bermain gadget;fokuslah membaca. Membaca 30 menit sehari itu sudah lumayan untuk menambah kecerdasan Anda.
    6. Terlibat mengikuti organisasi-organisasi yang ada di kampus ataupun di luar kampus. Prinsipnya, selagi itu mendukung kita dan sesuai dengan salah satu dari kelima prinsip di atas, jangan takut untuk berpartisipasi.
    7. Sisihkan waktu untuk menyalurkan hobi Anda dan melakukan refreshingdiri. Ini penting supaya otak kita tetap rileks dan segar. Jangan menjadi mahasiswa kaku yang hanya fokus pada perkuliahan. Itu tidak keren namanya apalagi pada masa keemasan kita.
    8. Mahasiswa keren itu wajib berolahraga. Olahraga apa saja yang penting membuat tubuh segar dan sehat. Berolahraga itu bukanlah bakat/talenta khusus tetapi merupakan sebuah hal yang bisa dilakukan oleh semua orang. Sekarang ini ada banyak fasilitas olahraga yang dapat dimanfaatkan.
    9. Selain berolahraga, mahasiswa keren harus bisa menjaga kesehatannya. Banyak minum air putih, konsumsi makanan yang sehat dan sesuai porsinya (pagi, siang, malam), dan juga mampu merawat tubuh. Artinya, kita menjaga penampilan diri. Kita akan terbilang keren kalau bisa merawat diri dan tampil apik dalam pergaulan. Ini bagian dari prinsip kepercayaan diri. Meskipun tidak ganteng atau cantik tetapi pandai merawat diri, seorang mahasiswa akan mendapat predikat keren termaktub.
    10. Manfaatkanlah waktu luang dengan hal-hal yang bisa membuat Anda bahagia. Namun, akan lebih keren apabila itu demi masa depan. Dalam konteks waktu luang jangka panjang seperti liburan, kita bisa memanfaatkannya dengan melakukan beragam hal kreatif, semisal pengembangan bakat, minat, dan hobi. Kita juga bisa melakukan travelling ataupun aktivitas-aktivitas sosial.
    11. Aku tambahin satu lagi Mahasiswa yang keren itu Harus taat pada ajaran agama yang dianutnya, selalu ibadah dan berdoa itu membuat hidup kita lebih terarah.
    Sudah ada 11 poin yang harus di ingat dan di terapkan untuk menjadi Mahasiswa yang keren, Menurutku 11 poin diatas sangat membantu untuk memulai menjadi Mahasiswa yang keren. Ayo jangan mau jadi mahasiswa yang biasa-biasa aja...jadi Mahasiswa yang keren itu lebih Hitzzz.... :D

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar